Kamis, 20 Mei 2010

proses pertumbuhhan lembaga kemsyrakatan

Sebanyak 69 peserta dari desa dan kelurahan se-Kabupaten Bangka mengikuti Pelatihan Pemberdayaan Lembaga dan Organisasi Masyarakat Pedesaan Tingkat Kabupaten Bangka Tahun 2009 yang dibuka langsung oleh Bupati Bangka, H. Yusroni Yazid, SE, Senin (13/7) di Gedung Diklat Sungailiat. Hadir juga pembukaan pelatihan pemberdayaan lembaga dan organisasi masyarakat pedesaan tersebut para kepala dinas, badan dan bagian di Lingkungan Pemkab Bangka.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka, H. Yusroni Yazid, SE mengatakan peran aparat desa sangat besar dalam menwujudkan kesejahteraan masyarakat desa/kelurahan . Terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa/kelurahan merupakan keberhasilan dari program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah secara terpadu dan berkesinambungan, tetapi juga tidak terlepas dari peran lembaga kemasyarakatan yang ada di desa/kelurahan maupun bersama-sama masyarakat. Tujuan ini sangat relevan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 2007 mengenai pedoman penataan kelembagaan pasal 5 yang berisi masalah dan solusi kegiatan lembaga kemasyarakatan yang ditujukan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan masyarakat dan peran serta masyarakat dalam pemabngunan, pengembangan kemitraan, pemberdayaan masyarakat, dan kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat setempat.

”Kita (Pemkab Bangka-red) melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa perlu memfasilitasi untuk menyelenggarakan pelatihan pemberdyaan lembaga dan organisasi masyarakat pedesaan tingkat Kabupaten Bangka Tahun 2009. Untuk itulah sesuai dengan undang-undang , peemrintah telah memberikan kewenangan seluas-luasnya kepada daerah kabupaten/kota untuk melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan dalamm rangka mempercepat tercapainya kesejahteraan masyarakat,” terang Yusroni.

Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat menurut Yusroni perlu program pembangunan secara komprehensif di daerah mulai tingkat provinsi sampai tingkat desa/kelurahan, karena pembangunan desa/kelurahan merupakan bagian integral dari pemabangunan daerah dan pembangunan nasional.

”Peran serta lembaga kemasyarakatan yang ada di desa/kelurahan secara terpadu dan terkoordinasi perlu dilibatkan karena mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis. Lembaga mini perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan merupakan mitra pemerintahan desa dan kelurahan dalam memberdayakan masyarakat,” papar Yusroni lagi.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Dan Pemerintah Desa Kabupaten Bangka, Muzami. Ia mengatakan, tujuan diadakan pelatihan yang berlangsung dari tanggal 13 sampai dengan 18 Juli 2009 ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan unsur desa/kelurahan dan LPM secara komprehensif dalam melaksanakan kegiatan pembangunan di desa/kelurahan. Selain itu juga untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang tugas dan fungsi antara masing-masing lembaga kemasyarakatan yang ada di desa/kelurahan serta mendorong peningkatan kemampuan dan kemaunan aparat desa/kelurahan dan LPM dalam menggerakan masyarakat atau berpartisipasi dalam setiap kegiatan pemerintahan dan pembangunan.

Diharapka dengan adanya pelatihan ini unsur desa/ kelurahan bisa menjadi pelaksana dan pilar baik dalam setiap kegiatan pembangunan sehingga tingkat perkembangan kemajuan desa/kelurahan yang dicita-citakan dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar