Sabtu, 06 Maret 2010

para pemangku kepentingan dalam suatu bisnis

setiap bisnis melibatkan transaksi dengan manusia. Orang-prang tersebut dipengaruhi oleh nbisnis dan oleh karena itu memiliki kepentingan dalam bisnis tersebut. Mereka disebut sebagai pemangku kepentingan (stakeholder). atau orang-orang yang memiliki bisnis tersebit. lima jenis pemangnku kepentingan yang terlibat dalam suatu bisnis:

a. pemilik
b.kreditor
c.karyawan
d.pemasok
epelanggan


setiap jenis pemangku kepentingan memainkan peranan penting bagi perusahaan, sebagaimana dijelaskan berikut ini.

Pemilik
setiap bisnis dimulai sebagai hasil dari suatu idr mangenai produk atau jasa oleh satu atau lebih usahawan/sebagaiman telah dijelaskan sebelumnya,kewiraswastaan adalah tindakan penciptaan,pengaturan dan pengolahan suatu bisnis.orang akan amu menciptakan suatu bisnis hanya jika mereka memperkirakan akan menerima imbalan untuk usaha mereka .imbalan dari memiliki suatu bisnis datang dalam berbagai bentuk usaha mereka .b\eberapa orang termotifasi oleh peluang untuk memperoleh penghasilan besar.yang lain menikmati tantangan atau prestis yang terkait dengan drngan kepemilikan suatu bisnis. keb anyakan pemilik bisnis akan setuju bahwa semua karakteristik ini memotifasi mereka untuk memulai bisnis mereka sendiri.


kreditormembutuhkan dukungan keuangan melampaui apa yang disediakan oleh pemiliknya. ketika suatu perusaan didirikan pada awalnya perusahaan tersebut mengeluarkan beban sebelumnya dapat menjual suatu produk atau jasa.misalnya saja perusahaan itu harus membeli mesin,menyewa fasilitas,danmemprkerjakan karyawan sebelum memperoleh pendapatan.Selam beberapa bulna pertama bebanya dapat melampaui pendapatanya bahkan jika perusahaan itu dikelola dengan baik.pemilik dari bisnis baru pada awalnya mingkin haris mengandalkan teman atau anggota keluarga untuk untuk pinjaman karena bisnis mereka tidak memiliki sejarah ynga membuktikasn bahwa bisnis tersebut kemungkinana akan berhasil.

karyawan
perusahaan memperkerjahan karyawan u8ntuk melaksanakan operasi bisnisnya
perusahaan biasanya. beerapa perusahaan hanya memiliki sedikit karyawan, sementara perusahaan lain, sepeti General Motors dan IBM,memiliki lebih dari 200.000 karyawan.Banyak perusahaan berhasil karena karyawannya. pertimbangkan prenyataan berikut ini yang dibuat oleh perusahaan mengenai karyawannya dilaporan tahunanbaru-baru ini.

Pemasok
Pemasok petrusahaan pada umunya menggunakan bahan baku guna menghasilkan produknya,misalnya saja, produsen mobil menggunakan baja untuk membuat mobil,smentara kontraktor membutuhkan semen,papan kayu.dan banyak bahan lainya. Perusahaan tidak dapat menyelesaikan prises produksi jika mereka tidak dapat memperoleh bahan baku.oleh karena itu,kinerja mereka sebagian bergantung pada kemampuan pemasok mereka untuk mengantarkan bahan baku sesuai jadwal.

Pelanggan
perusahaan tidak dapat bertahan hidup tanpa pelanggan. untuk menarik pelanggan,suatu perusahaan harus ,enyediakna produk atau jasa yang diinginkan pada harga yang wajar,Perusahaan juga harus memastikan bahwa produk atau jasa yang dihasilkAN MEMILIKI KUALITAS YANG MEMDAI SEHINGGA PELANGGAN PUAS.
jika suatu bperusahaan tidak dapat menyediakan produk atau jasa dengan harga yang diinginkankmaka pelanggan akan beralih keperusahaan saingan
nara sumber:pengantar bisnis 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar