Sabtu, 06 Maret 2010

Apa arti dari ilmu akunatansi?

akuntansi disebut bahasa dunia suatu usaha atau the language of bussinis.Akuntansi berkaitan debgan proses pencattan,pengklasifikasian,dan menyimpulkan data yamh berhubungan dengan transaksi-transaksi perusahaan dan kejadian lainya.artinya akuntansi sebetulnuya banyak.

Lapangan khusus Akuntansi?
Dibawah ini adalah daftar untuk lapangna kerja badi akuntan sebagai berikut:

a.Auditing dan investigation (pemeriksaan keunagn)
merupakan suatu lapangan kegiatan akuntnasi yang khusus membicarakan General Accounting Auditing yang biasa dikerjakn pada akuntan publik.Didalm melaksanakan tugasnya akuntan-akuntan mengadakn pemeriksaan terhadap catatan-cataan.laporan dan ahkrnya mengeluarkan suati pernyataan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan serta dapat pula memberikan llaporan berisi nasehat yang berguna bagi menejemen.
b.Cost Accounting (akuntansi biay)
adalah bidang yang menekankan akuntansi untuk menghitunh biaya terutama biaya produksi dan proses pembuatanya dari pada akunatansi untuk prusahaan.Sebagai tambahan suatu tambahan suatu fungsi penting dari Cist Acconunting yatu mengumpulkan dan menginterprestasikan data biay,membuat analisa antara data yang sebenrnya(actual) dan taksiran(prospective).Anilisa ini sangat penting untuk manajemen didalam memriksa operasi yang sedang berjlan dan membuat rencana untuk waktu mendatang.
c.Mnajement Acounting 9Akuntansi manajemen)
adlah petugas yang menanalisis mengenai sejarah dan menaksir dat yang berkaitan dengan manajement secara kontinue.bekerja merencanakan opersi perusahaan untuk waktu mendatang sebenaranta tugas manajement acconting itu banyak tetapi lebih dikhususkan untuk menghadapi pimpinan perusahaan pada tiap-tiap tingkat organisasi.Manajement accounting sering diminta untuk memilih tindakan yang akan diambil dan membantu unuk menentukan pilihan yang tepat.
d.Tax Accounting(akuntansi perpajakan)
Bertalian dengan masalah memprsiapkan pengembalian pajak adan prtimbangan pertanggung jawab pajak serta mengumpulkan transaksi perusahaan atau mencari alternatif pelaksanaan yang bterbaik. Akuntan yang bergrak khusus dalam masalah perpajakan harus mengetaui duduknya masalah pajak bagi para karyawan atau klien dan menyelesaikan administrasinya secara up to date serta membantu klien dalam memtiskan kasus-kasus perpajakan.
e.Accounting Sstem(sistem akuntansi)
adalah lapangan khusus yang berhubungan denggan penciptakna prosedur akuntasi dan peralatan serta menentukan langkah-langkah untuk mengumpulkan dan melaporkan mengenai dat keiuangan (financial data).Seluruh prosedur ini harus dirancang sedemikian efisien sehingga dapat membantu manajene.juga penting bahwa mengetaui penggunaan dan jasa yang dibrikan dari bermacam-macam tipe peralatan pemrosesan dat.
f.Budgetry Accounting
adalah suatu bidang ilmu yang menguraikan bagaiman cara membuat rencan kegiatan financxial atau pembelanjaan untuk suatu jangka waktu tertentu melalui perkiraan serta ringkasaanya. juga memberikan analisis pperbandingan antara kegiatan sebenarnya dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya sehingga merupakan suatu kombinasi dari kegiatan rencana dan kegiatan pengendalian di masa depan
g.Governmental Accounting (Akuntansi pemerintah)
mengkhususkan kegiatan di dalam transaksi dari unit-unitpolitik seprti negara -negar bagian fddan kotapraja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar